Pre-Marriage

4 Kriteria dasar calon suami yang patut kamu dipertimbangkan

Dear all ladies,

Mungkin kamu sedang galau gundah gulana mencari cara memilih calon suami atau memilih kriteria calon suami? Hal itu lumrah sih, apalagi kalau udah ada yang datang dengan niat baik, makin galau gak tuh ladies? Karena si dia akan menjadi pendamping seumur hidup, jangan sampai salal pilih ya ladies. Nah, ibu juara mencoba merangkum tujuh kriteria yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan ketika ada lelaki yang mengajak kamu menikah

1. Calon suami yang baik agamanya

Nah, buat calon ibujuara, salah satu cara memilih pasangan hidup adalah dengan melihat agamanya. Terlepas dari apapun agama kalian, setiap orang yang baik pasti akan berbuat baik juga pada Tuhannya kan? Agama menjadi pondasi utama dalam kalian menjalani kehidupan rumah tangga, pastikan calon suami tersebut layak menjadi pemimpin rumah tangga. Ingat ya ladies, pemimpin ini nggak cuma 5 tahun kayak presiden, tapi seumur hidup!
Buat kamu yang Islam, pastikan suami kamu memiliki jiwa yang kuat yang mampu senantiasa berjalan di jalan-Nya, sholat tepat waktu, mengaji, berdakwah, dan suka bersedekah. Kalaupun si dia yang datang ke hati belum memenuhi kriteria (misalnya belum rajin mengaji), itu jalan buat kalian ladies untuk berdakwah dan bersama-sama  berjalan menuju kebaikan. Ladang pahala bukan?

2.Calon suami yang bersikap baik pada orang tua

Nah, selain itu kita bisa melihat cara dia bersikap kepada orang tuanya. Salah satu kriteria calon suami adalah memuliakan orang tuanya. Kalau kamu belum pernah berinteraksi dengan orang tuanya, lihatlah seberapa sering dia pulang dan menghabiskan waktu dengan orang tuanya. Ketika dia sibuk atau ada di perantauan, keluarga tetap menjadi nomor satu dan dia pasti mengusahakan waktunya. Di kemudian hari, apabila dia menjadi seorang kepala keluarga, harapannya dia juga akan memberikan waktunya sepenuhnya untuk keluarga, bukan begitu ladies?

3. Gaya hidup yang hemat dan sederhana

Kalo kriteria yang satu ini jarang ada di kriteria suami lainnya, tapi IbuJuara menganggap ini hal penting loh ladies. Kalaupun calon suami kalian itu kaya, lihat seberapa pengeluaran dia. Sah-sah saja loh kalian tanya tentang pendapatan dan pengeluaran, secara dia adalah calon tulang punggung keluarga. Hati-hati ladies, jangan terpukau dengan tampilan luar aja tapi besar pasak daripada tiang. Mending pilih yang sederhana yang mampu memenuhi kebutuhan keluarga, iya gak? Eits, tapi jangan pelit-pelit juga keless

4. Perilakunya yang sopan dan santun serta penyayang

Nah, yang terakhir yang mesti kalian lihat adalah perilaku yang dimiliki calon suami. Pasti tiap istri ingin punya calon suami yang sopan dan santun kan? Apalagi ketika diajak bertemu dengan keluarga besar? Jadi, buat ladies  yang mau menentukan calon suami, boleh jadi pilih calon suami yang bisa menempatkan diri yaa. Selain itu, dia juga harus seorang yang penyayang. Gak mau kan punya pasangan yang setiap hari ketemu tapi nggak penyayang? Paling tidak, dia harus menyayangi keluarganya seperti dia menyayangi dirinya sendiri, iya kan?

Nah itu dia kriteria dasar yang patut dipertimbangkan sebelum kamu memilih calon suami yang mendampingi seumur hidup. Jangan sampai salah pilih ya ladies. Buat kalian yang muslim, bisa sholat istikharah dulu untuk menentukan si dia cocok atau enggak. Selamat memilih, semoga diberikan yang terbaik oleh-Nya 🙂

–IbuJuara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s